Indibiz Karena Itu anak usaha Telkom yang Berorientasi Di Usaha Kecil Menengah yang sudah digital. Foto: Antara
Indibiz sendiri merupakan ekosistem solusi digital dunia usaha milik Telkom Indonesia. Mereka Memperoleh ekosistem Usaha yang disebut “Island”, Antara lain island Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, Indibiz Multifinance, Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi.
Indibiz mengklaim mampu menghasilkan Perkembangan revenue Di segmen SME Telkom 17% YoY. HUT Telkom Di-59 juta bertepatan Bersama 1 tahun berdirinya Indibiz.
Mereka memang tidak menyebut angka spesifik Yang Berhubungan Bersama pendapatan. Tapi, diklaim sudah memberi kontribusi signifikan Di pendapatan Telkom. “Kontribusi terbesar berasal Untuk segmen B2B, khususnya pelaku Usaha Kecil Menengah Di Daerah,” tulis keterangan resmi mereka.
Meski, Indibiz sendiri tidak hanya Berorientasi Di Usaha Kecil Menengah. Mereka juga menjalin kerja sama strategis Bersama berbagai institusi. Misalnya kolaborasi Bersama lembaga keuangan Untuk solusi pembiayaan, serta kerja sama Bersama komunitas dunia usaha Untuk Memperbaiki produktivitas Usaha.
Mereka juga bekerja sama Bersama institusi Pembelajaran Untuk mendigitalisasi proses pembelajaran dan administrasi. Di tahun kedua, mereka menargetkan pendapatan terus Meresahkan. Termasuk bermitra Bersama berbagai perusahaan seperti Moka, Microsoft, dan Google.
Kesadaran Digital Usaha Kecil Menengah Lebih Tinggi
Optimisme Indibiz melihat Untuk jumlah UKM Di Indonesia yang melonjak Untuk tahun Di tahun. Diketahui, hingga akhir 2023 jumlah total Usaha Kecil Menengah Di Indonesia diperkirakan mencapai Disekitar 65 juta unit.
Usaha Kecil Menengah Memperoleh peran penting Untuk perekonomian Indonesia, menyerap Disekitar 97 persen tenaga kerja dan menyumbang 61 persen Di Produk Domestik Bruto (PDB).
Untuk tahun Di tahun, kesadaran para pengusaha Untuk beralih Di digital pun Lebih Meresahkan. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat hingga akhir 2023, Disekitar 30% Untuk total UKM Di Indonesia telah melakukan Transformasi Digital.
Ini Menunjukkan peningkatan signifikan dibanding tahun-tahun Sebelumnya. Malahan Badan Pusat Statistik (BPS) Untuk laporan terbarunya Menunjukkan bahwa UKM yang telah terhubung Bersama Media Online Menyaksikan peningkatan pendapatan 26% dibanding Bersama UKM yang belum melakukan Transformasi Digital.
Hingga kini, Indibiz mengklaim telah melayani ribuan pelanggan Untuk berbagai sektor, termasuk Pembelajaran, Kesejajaran, Hotel, dan Peritel.
Di Samping Itu, Indibiz juga telah menjalin kemitraan Bersama berbagai Mula dan pengembang Keahlian Untuk memperkuat ekosistemdigitalnya.
(dan)
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik Usaha Kecil Menengah yang Memperoleh Kesadaran Digital Tinggi