Baznas Dorong Peningkatan Pengelolaan Zakat Ke Lokasi lewat Optimasi Kantor Digital

Baznas terus Melakukanupaya Memperbaiki sosialisasi dan publikasi dakwah zakat Melewati optimasi kantor digital. Foto/istimewa

JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) terus Melakukanupaya Memperbaiki sosialisasi dan publikasi dakwah zakat Melewati optimasi kantor digital. Ke 2025, Baznas menargetkan Memperoleh 400 kantor digital yang dijadikan sebagai pusat layanan ZIS yang modern dan efisien, serta menjadi sarana Sebagai Memperbaiki literasi zakat Ke Komunitas.

“Kantor digital Baznas yang kita miliki sekarang ada Di 250 dan target 2025 sebanyak 400 kantor digital Ke seluruh Baznas se Indonesia. Ini adalah Dibagian Didalam strategi supaya Komunitas mudah mengakses layanan ZIS dan Memperoleh informasi yang dibutuhkan,” ujar Pimpinan Baznas RI Bidang Transformasi Digital Nadratuzzaman Hosen Ke Jakarta, Kamis (7/11/2024).

Nadra menjelaskan, Perkembangan donasi daring Menunjukkan Tren yang sangat positif. Menurut Kajian Ke 2020, lebih Didalam 75% Pemakai Jaringan Ke Indonesia mengakses layanan keuangan digital, termasuk ZIS-DSKL online. Ke 2021, Di 60% transaksi zakat, infak, sedekah dan DSKL Ke Baznas dilakukan Melewati Jalur Digital.

“Hal ini Menunjukkan perubahan perilaku muzaki (pemberi zakat) dan pentingnya Keahlian Di mendukung pengelolaan zakat,” kata dia.

Nadra juga menekankan, tidak Mungkin Saja amil dapat melayani muzaki dan mustahik hanya Didalam cara konvensional, tentu perlu adanya Dukungan Didalam kehadiran Keahlian, yang mana Pada ini Lagi terus dioptimalisasi Dari Baznas.

“Lantaran itu, Keahlian menjadi solusi penting Sebagai mendukung pengelolaan zakat. Beberapa aspek Keahlian yang dapat dimanfaatkan Di lain Transformasi Digital platform zakat online, crowdfunding, big data, AI, mobile apps, Financial Technology, serta sistem monitoring dan pelaporan terpusat,” katanya.

Ke Samping Itu, Nadra juga menekankan pentingnya pemanfaatan Keahlian informasi Di mengelola ZIS. Menurutnya, Inisiatif Sistem Manajemen Informasi Baznas (Simba) dirancang Sebagai mengintegrasikan seluruh proses pengelolaan ZIS, mulai Didalam pengumpulan, pencatatan, hingga penyaluran.

“Didalam Simba, kita dapat Menyimak secara real-time pengelolaan ZIS dan memastikan bahwa dana zakat disalurkan kepada yang berhak secara tepat dan transparan,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Baznas Dorong Peningkatan Pengelolaan Zakat Ke Lokasi lewat Optimasi Kantor Digital