—
Yamaha Memperkenalkan sistem transmisi otomatis Mutakhir yaitu, Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT), yang memungkinkan perpindahan gigi cepat tanpa perlu tuas kopling manual seperti Kendaraan Bermotor Roda Dua Di umumnya. Cara oper gigi Hingga Y-AMT diubah menjadi pencet tombol.
Yamaha mengklaim proses mengganti gigi Di Y-AMT lebih cepat dan presisi daripada quickshifter terbaru Pada ini.
Berdasarkan penjelasan Yamaha, Y-AMT terdiri Di dua operasional yang bisa dipilih, yakni manual (MT) Di oper gigi dikendalikan jari dan otomatis (AT) yang terdiri Di dua Tren.
Y-AMT dikatakan memungkinkan biker fokus sepenuhnya menikmati Penampilan sport Kendaraan Bermotor Roda Dua Lantaran perpindahan gigi linear, konsisten dan halus.
Pemakai dapat menikmati perpindahan gigi secara cepat dan presisi hanya memakai ujung jari tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling manual. Perpindahan gigi dikendalikan jari telunjuk dan ibu jari Melewati dua tuas pemindah, tuas plus Bagi memindahkan gigi Hingga atas dan tuas minus Bagi Hingga bawah.
Yamaha juga menjelaskan ada opsi lebih praktis lagi yaitu tuas plus dapat ditarik Bagi memindahkan gigi Hingga atas dan didorong Bagi pindah gigi Hingga bawah hanya Di jari telunjuk. Cara ini membuat pengendara tak perlu melepaskan ibu jari Di setang, Supaya dapat lebih kokoh memegang setang Hingga Kelajuan tinggi.
Di Tren AT, pengendara dapat memilih Antara dua Langkah tersedia yang bisa diubah kapan saja Melewati tombol Tren.
D+ Tren menawarkan perpindahan gigi Gayaatletis Di perpindahan gigi Di putaran mesin yang lebih tinggi Bagi menjaga sensasi berkendara sambil tetap menawarkan Kelebihan transmisi otomatis penuh.
Motorcycle.com menjelaskan Y-AMT bukan percobaan pertama Yamaha Membuat soal sistem perpindahan gigi otomatis. FJR1300 telah Mengadakan sistem Yamaha Chip Controlled Shift (YCC-S), yang menggunakan hidrolik Bagi mengoperasikan kopling.
Sambil Itu Di Y-AMT menggunakan dua aktuator elektrik, satu Bagi mengendalikan kopling dan lainnya buat memindahkan poisi gigi.
Yamaha Mengungkapkan komponen fisik Y-AMT Memiliki berat 2,8 kg dan dapat dipasang Di Kendaraan Bermotor Roda Dua tanpa menambah lebar mesin. Kopling dan gearbox yang digunakan sama Di versi transmisi manual biasa.
Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT). (Yamaha)
|
Sampai Sekarang sudah ada beberapa produsen yang Mengadakan sistem serupa tapi memilih pendekatan berbeda. Dua merek Eropa misalnya, memperkenalkannya pertama kali Di Kendaraan Bermotor Roda Dua Ekspedisi BMW R 1300 GS dan GS Adventure, serta prototipe buatan KTM yang diduga bakal dipakai Hingga 1390 Super Adventure.
Yamaha Membahas pendekatan mirip Honda yang Mengadakan Keahlian ini pertama kali Di model sport aspal. Honda memasang E-Clutch Di CBR650R dan CB650R.
Sedangkan Yamaha, berdasarkan ilustrasi setang dan sakelar yang ditunjukkan Pada Mengadakan Y-AMT mengindikasikan Keahlian ini Berencana dipasang pertama kali Hingga MT-09.
Beda Di Yamaha, KTM dan Honda mempertahankan tuas kopling dan pemindah gigi kaki Di model otomatis mereka. Yamaha mengikuti jejak BMW yang menghilangkan kontrol kopling atau pemindah gigi tradisional.
[Gambas:Youtube]
Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Transmisi Mutakhir Kendaraan Bermotor Roda Dua Yamaha, Tak Ada Tuas Kopling Ganti Gigi Dipencet