Jogging Pakai TWS Aman Nggak Sih? Ini Plus-Minusnya Menurut Ahli Kemakmuran


Jakarta

Tren penggunaan earphone nirkabel atau true wireless stereo (TWS) Di Di Aktivitasfisik ringan seperti jogging mulai Menimbulkan Kekhawatiran. Pasalnya, berlari sambil mendengarkan Bunyi Disorot dapat Meningkatkan kenyamanan.

Spesialis kedokteran Aktivitasfisik, dr Antonius Andi Kurniawan, SpKO mengatakan Berlarilah menggunakan TWS merupakan hal yang boleh-boleh saja dilakukan. Justru, hal ini juga dapat Menyediakan efek yang positif.

“Positifnya adalah, ketika kita mendengarkan Bunyi Di volume yang cukup yaitu tidak terlalu kencang yang tidak merusak telinga, itu Akansegera membantu lebih memotivasi dan membunuh rasa bosan. Bisa berlari atau Aktivitasfisik lebih lama,” ujar dr Andi kepada detikcom, Rabu (4/9/2024).


Walaupun begitu, Aktivitasfisik menggunakan TWS juga Memiliki sisi negatif yang wajib menjadi perhatian mereka yang mencobanya.

“Sisi negatifnya adalah ketika kita berlari Hingga jalan raya, lalu musiknya terlalu keras, selain berisiko merusak gendang telinga, kita juga tidak bisa punya kontrol Di situasi lingkungan,” kata dr Andi.

“Ketika kita Hingga jalan raya, Situasi ramai dan kita Mungkin Saja tidak bisa mendengar suara klakson (kendaraan) itu bisa berbahaya. Ketika mendengarkan Bunyi, kita terlalu enjoy dan tidak fokus Hingga olahraganya, itu sangat berbahaya,” sambungnya.

dr Andi menambahkan, pemilihan earphone nirkabel juga perlu diperhatikan. Menurutnya, Untuk sekadar mendengarkan Bunyi ketika berlari lebih baik memilih TWS yang biasa-biasa saja.

“Jangan (memilih) yang ada (fitur) noise cancellation kalau menurut saya. Kecuali kita olahraganya Hingga tempat gym, Hingga treadmill masih ok,” kata dr Andi.

“Kalau Hingga luar, kita tetap harus bisa mendengarkan situasi Disekitar,” sambungnya.

Berapa Volume yang Direkomendasikan?

Dihubungi terpisah, spesialis telinga hidung tenggorokan dr Ahmad Wahyudin, SpTHT-KL mengatakan seseorang harus memerhatikan volume yang dipilih ketika Latihan menggunakan TWS.

“Di catatan suara yang didengarkan tidak melebihi 80 dB. Pada suara yang masuk Hingga telinga itu tidak melebihi 80 dB, itu relatif aman digunakan,” ujar dr Ahmad ketika dihubungi detikcom, Jumat (6/9/2024).

Hingga Di Itu, dr Ahmad juga mengimbau Untuk tidak sering-sering menggunakan TWS Untuk Karya sehari-hari. Pasalnya, telinga manusia juga Memiliki batas waktu harian Untuk mendengarkan suara-suara.

“Prinsipnya, jangan melewati 80 dB, patokan kita jika 80 dB bisa kita dengarkan Untuk mencegah efek jangka panjang Disekitar delapan jam sehari,” tutupnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Jogging Pakai TWS Aman Nggak Sih? Ini Plus-Minusnya Menurut Ahli Kemakmuran