10 Penanganan Diri Untuk Insomnia yang Bantu Tingkatkan Standar Tidur

Jakarta

Insomnia adalah kesulitan Untuk memulai tidur, mempertahankan tidur, atau tidur terlalu secara terus menerus. Situasi tersebut bisa menyebabkan kelelahan serta gangguan Ke fungsi siang hari.

Hal ini seringnya menjadi tantangan yang mengganggu Standar hidup. Untuk Berjuang Di masalah tidur ini, Penanganan diri Untuk insomnia menjadi langkah penting Untuk membantu memperbaiki Ritme Tidur dan Meningkatkan Kesejajaran hidup yang lebih baik.

Penanganan Diri Untuk Insomnia

Memprioritaskan Penanganan diri penting Untuk mengelola insomnia, baik Untuk jangka pendek maupun jangka panjang.


Samping Itu, memasukkan Penanganan diri Di Untuk rutinitas Berencana bisa meringankan Tanda insomnia secara signifikan dan Meningkatkan Standar tidur.

Dilansir laman Calm, berikut adalah tips Penanganan diri sebagai cara mengatasi insomnia:

1. Perbaiki Lingkungan Tidur

Buat suasana dan lingkungan senyaman Bisa Jadi Untuk tidur. Mulai Untuk mengatur suhu kamar, cahaya redup, minim Untuk kebisingan, kasur dan bantal yang nyaman.

2. Buat Jadwal Tidur yang Konsisten

Jadwalkan waktu agar tidur dan bangun Ke waktu yang sama setiap hari. Cara ini bisa membantu mengatur jam internal tubuh kita.

Kembangkan rutinitas pra-tidur yang menenangkan Disekitar 60-90 menit Sebelumnya tidur. Smelatoninelama masa transisi ini, kamu bisa bersantai Di mandi air hangat, membaca Literatur bagus, Latihan Yoga ringan, atau Mengosongkan Pikiran.

3. Berlatih Metode Menenangkan

Pernapasan Untuk, Menenangkan otot progresif, serta imajinasi terbimbing adalah Metode Menenangkan yang bisa memudahkan kita Untuk rileks Untuk Di transisi tidur yang nyenyak.

4. Membatasi Waktu Ke Didepan Layar

Cahaya biru yang dipancarkan layar bisa menekan melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur-bangun.

Di Sebab Itu, cobalah Untuk mematikan semua layar, minimal satu jam Sebelumnya tidur Untuk memastikan otak bisa dapat sinyal bahwa sudah waktunya Untuk beristirahat.

6. Fokus Ke Pengelolaan Kecemasan dan Beban

Menyusun strategi Untuk mengelola Beban Penanganan diri Untuk insomnia, yang membantu Meningkatkan Standar tidur secara signifikan.

Hal ini bisa dilakukan Di cara Aktivitasfisik secara teratur, berkonsultasi Di teman atau terapis, menulis jurnal, atau berlatih Latihan Yoga.

7. Tidak Makan Besar dan Nyemil Berat Sebelumnya Tidur

Makan Untuk porsi besar bisa menyebabkan gangguan pencernaan, yang membuat kita kesulitan Untuk tidur. Jika merasa lapar Ke malam hari, usahakan makanlah camilan ringan dan sehat.

Jika tidak ingin Di kamar mandi Ke Di malam, hindari minum terlalu banyak cairan Sebelumnya tidur.

8. Batasi Asupan Alkohol, Kafein, dan Nikotin

Zat-zat ini bisa mengganggu Standar dan kuantitas tidur. Di Sebab Itu, kamu perlu Untuk membatasi asupan ini (terutama Ke sore dan malam hari). Kafein bisa mengganggu tidur Malahan 6+ jam Setelahnya dikonsumsi.

Menulis jurnal adalah hal yang bisa dilakukan Lanjutnya jika susah tidur. Ini bisa Di Sebab Itu cara Untuk mendokumentasikan pikiran, kekhawatiran, atau daftar tugas.

Tujuannya Untuk bisa membebaskan pikiran Untuk perenungan dan membuat lebih mudah tertidur.

10. Gunakan Suara atau Bunyi yang Menenangkan

Cara mengatasi insomnia tanpa Terapi yang bisa dilakukan yaitu Di memutar suara Disekitar atau Bunyi yang menenangkan. Hal ini membantu Untuk meredam gangguan, sekaligus menciptakan suasana Damai yang mendukung tidur.

Penyebab Insomnia

Penyebab insomnia baik itu yang aku atau Sambil seringkali beragam, mulai Untuk emosional hingga fisik.

Berikut adalah beberapa faktor pemicu insomnia:

  • Beban dan kecemasan.
  • Situasi medis, seperti refluks asam lambung, nyeri kronis, kanker, asma, radang sendi, ataupun Alzheimer.
  • Pengaruh Terapi-obatan, seperti antidepresan, stimulan, steroid, dan Terapi tekanan darah.
  • Memperoleh gangguan Kesejajaran mental.
  • Faktor Life Style, seperti konsumsi alkohol, kafein, dan nikotin.
  • Kebiasaan tidur yang buruk, seperti sering menggunakan sosial media atau nonton Kegiatan TV Ke kamar.
  • Jadwal yang tidak teratur, seperti bekerja shift malam, jet lag, ataupun tidur siang yang berlebihan.

Untuk Berjuang Di masalah tidur ini, Penanganan diri Untuk insomnia menjadi langkah penting Untuk membantu memperbaiki Ritme Tidur dan Meningkatkan Kesejajaran hidup yang lebih baik.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 10 Penanganan Diri Untuk Insomnia yang Bantu Tingkatkan Standar Tidur